Cuma artikel terjemahan !

10 Cara Agar Kamu Tidak Pernah Mengalami Krisis Keuangan



Samuel Johnson pernah berkata..
Seorang pria yang baik menghabiskan dan menghemat uang adalah orang yang paling bahagia, karena ia memiliki kedua kesenangan
Binggo !! Dia sangat tepat. Ini tidak cukup untuk mendapatkan uang. Ini sama pentingnya untuk menghabiskan dan menyimpan uang dengan bijaksana. Di satu sisi, kita perlu mengeluarkan uang untuk memenuhi kebutuhan kita. Di sisi lain, jika uang berjalan melalui tangan kita segera setelah kami mendapatkannya, kita berada dalam keadaan kekurangan abadi dan tidak dapat menyimpan sesuatu untuk masa depan.
Banyak dari kita harus menghadapi titik dalam hidup di mana kita berada dalam kondisi keuangan yang mengerikan. Tabungan Kamu bisa hampir habis, Kamu mungkin baru saja kehilangan pekerjaan, atau Kamu bisa kehilangan tabunganmu karena berjuang melawan penyakit. Ada begitu banyak jalan yang mungkin untuk sampai pada situasi yang mengerikan, tapi kami pasti bisa menghindarinya dengan perencanaan yang tepat dan forethoughts. Di bawah ini adalah 10 cara untuk membantmu memastikan supaya Kamu tidak perlu menghadapi krisis keuangan.


  1. Memaksimalkan Tabungan Cair
    Disini maksud saya adalah tabungan yang berupa uang, bukan tabungan yang berupa barang atau saham. Tabungan uang di bank dan deposito atau uang kas dalam kehidupanmu adalah aset yang paling penting keuangan untuk menjamin keamanan finansial Kamu. Nilai aset ini tidak berfluktuasi dengan kondisi pasar, sehingga stabil, tidak seperti barang atau saham yang sewaktu-waktu bisa anjlok harganya, syukur-Syukur bisa naik. Dan kita dapat menarik tabungan yang kita miliki setiap saat kita inginkan/butuhan. Maksimalkanlah tabungan cairmu. Ini sangat penting untuk tidak berinvestasi di saham atau investasi berisiko tinggi lainnya.
  2. Catat Penghasilah dan Pengeluaran Kamu!
    Alasan orang utama menghadapi krisis keuangan pribadi bukan bahwa mereka tidak mendapatkan cukup tetapi mereka tidak menyimpan cukup. Sangat mudah untuk menyarankan seseorang untuk menabung, tetapi juga sulit untuk benar-benar menabung sesuatu pada dirimu sendiri. Namun, banyak masalah dapat terhindar dengan mencatat semua penghasilanmu serta pengeluaranmu. Mencatat uang masuk dan keluar akan membantumu mengetahui jika Kami overspending atau hidup dalam keterbatasan. Ini akan membantu menyesuaikan pengeluaranmu untuk menyesuaikan dengan penghasilanmu.
  3. Siapkan Anggaran Untuk Bulan Depan!
    Kita hanyalah manusia biasa yang tahu apa-apa yang akan terjadi kedepan, bisa jadi bulan depan Kamu dipecat dan tidak ada pemasukan untukmu. Siapkanlah anggaran bulanan pada akhir bulan sebelumnya dapat membantumu menyeimbangkan keuanganmu dibulan depan jika terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Siapkan anggaran bulanan yang terorganisir dengan jelas menetapkan anggaran untuk makanan, sewa, rekreasi dan sebagainya. Tapi ingat, tidak ada gunanya dalam membuat aturan jika Kamu tidak bisa mengaturnya. Kamu juga perlu untuk hidup dengan alokasi anggaran bulananmu jika Kamu ingin memastikan kesehatan keuangan yang sehat.
  4. Rawat Barang-barangmu
    Menjaga barangmu dalam kondisi baik adalah cara lain yang efektif untuk menghindari krisis keuangan. Jauhkan segala sesuatu yang Kamu miliki, mobil dan peralatan rumah tanggmu, peralatan listrik dan elektronik, dalam kondisi tetap baik dan masih bisa digunakan dengan baik. Biayanya jauh lebih sedikit untuk pemeliharaan rutin dibandingkan dengan harga yang harus Kamu bayar ketika barangmu rusak, baik untuk menggantikanya atau menservisnya.
  5. Jaga Kesehatan
    Sama seperti pemeliharaan rutin peralatan rumah tangga membantu untuk menyimpan sejumlah besar uang, menjaga tubuhmu tetap sehat juga membantu menghemat pengeluaran. Paling sering kita pergi ke rumah sakit atau memnemui dokter hanya ketika masalah yang kita hadapi telah menjadi parah. Ini traumatizes tubuh dan membutuhkan biaya medis secara signifikan lebih tinggi, yaahh... seperti kata om dedi kemarin malam, lebih baik check up secara teratur meskipun Kamu baik-baik aja, supaya penyakit yang mungkin belum Kamu rasakan sudah muncul dan dapat ditangani lebih cepat. Dengan olah raga teratur dan kebiasaan sehat, bersama dengan sering medical check up.
  6. Bayar Pajak Atau Hutangmu Tepat Waktu
    Saran terbaik adalah jangan berhutang apapun. Tapi itu tidak berarti bahwa kondisi keuangan Kamu krisis selamanya jika Kamu telah berhutang. Perhatian pertama debitur apapun harus membayar semua hutang secara penuh alias lunas. Memiliki hutang yang ada tidak hanya otak kita terus menerus tertekan. Jadi rencanakan dengan bijaksana dan mengalokasikan sebagian dari anggaran bulananmu untuk melunasi utang.
  7. Persiapan Jika Kehilangan Pekerjaan
    Kehilangan pekerjaan adalah peristiwa besar yang akan mengarah seseorang untuk mengalami krisis keuangan. Dengan kehilangan pekerjaan, seseorang tidak memiliki uang masuk untuk biaya hidup, terutama jika orang tersebut tidak pernah menanbung sebelumnya. Menjaga diri terhadap potensi kehilangan pekerjaan adalah cara utama untuk menghindari krisis keuangan. Hal ini dapat dilakukan melalui asuransi pengangguran dari kantor atau pembelian asuransi pengangguran pribadimu sendiri. Kamu juga dapat menemukan sumber pendapatan alternatif selain pekerjaan utama Kamu. Menjadi PNS adalah saran terbaik dari saya, atau memiliki pekerjaan sampingan.
  8. Simpan Sebagian Gajimu
    Tabungan tidak boleh dianggap sebagai suatu kemewahan sehingga hanya beberapa orang saja yang mampu menabung. Kamu harus bisa mengolahnya sebagai kebiasaan. Tidak ada cara yang lebih baik untuk menyelamatkanmu dari krisis keuangan daripada menyisihkan sejumlah tertentu dari penghasilanmu setiap bulan. Saya menyarankanmu mengalokasikan 20% dari penghasilan bulananmu untuk hal-hal seperti pembayaran utang, dana pensiun dan tabungan. Jika kamu tidak memiliki hutang, menghemat 20% dari pendapatan bulananmu akan menjadi ide yang bijaksana. Namun, jika kamu memiliki hutang, simpanlah setidaknya 10% dari penghasilanmu, karena kamu membutuhkan uang tunai di tangan dalam hal kasus serius yang terjadi di masa depan.
  9. Minimalkan Tagihan Bulanan
    Hanya karena Kamu mendapatkan gaji lebih dan tidak menghadapi krisis keuangan seperti yang sekarang tidak berarti bahwa kasus ini akan sama selamanya. Cobalah untuk meminimalkan tagihan bulanan Kamu sebelum terlambat. Fokus untuk meminimalkan tagihan bulanan harus pada memotong pengeluaran yang tidak perlu sesegera mungkin. Lihat catatan pengeluaran Kamu dan cari tahu apa yang tidak terlalu penting dan pangkas. Kamu bisa menyalakan pendingin atau pemanas udara bahkan ketika Kamu sedang tidak di rumah. Cukup matikan itu semua ketika kamu sedang tidak di rumah, ini akan membantu mengurangi tagihan secara signifikan.
  10. Gunakan Uangmu Dengan Bijaksana
    "Setiap sen yang ditabung adalah satu sen yang diterima." Kamu tidak akan mempunyai uang sisa selamanya, kecuali jika kamu cukup bijak untuk menghabiskan uangmu dengan bijak. Menghabiskan uang dengan bijaksana adalah seni itu sendiri. Ada beberapa teknik untuk menghabiskanya dengan bijak. Salah satunya adalah untuk menjauhkan diri dari membeli hal-hal yang Kamu tidak akan menggunakan. Yang lain bisa membandingkan harga antara beberapa barang dan belilah yang lebih murah dengan kwalitas sama. 

Itulah tips 10 Cara Agar Anda Tidak Pernah Mengalami Krisis Keuangan, menghabiskan uang dengan bijak adalah hal yang terbaik agar kamu terhidar dari krisis keuangan.
yooosh.. itulah 10 Cara Agar Anda Tidak Pernah Mengalami Krisis Keuangan yang sudah saya rewrite. Ini bukanlah artikel murni buatan Aku, hanya sebuah untaian artikel yang sudah tersusun kemudian saya tulis ulang kembali.
Salam Jomblo !

7 Komentar untuk "10 Cara Agar Kamu Tidak Pernah Mengalami Krisis Keuangan"

ane nabung kalau ada maunyan :v

tapi btw blh di cba nih :D

BW gan http://kampoengsoftware31.blogspot.com/

terima kasih gan atas saranya, bermanfaat sekali untuk sy

wah saranya joss gan makasih ya

saya mau nabung kalo lagi gak kepepet aja mas :D hehe

Yang Pasti Rajin Menabung Dan Hemat Agar Awet :D

Makasih Pak, benar-benar nasehat yang mantap! Pak Edo Wardana ini benar-benar blogger sejati.

Back To Top