Cuma artikel terjemahan !

Pemuda Berusia 18 Tahun Berhasil Temukan Bugs Pentagon


Seorang remaja berhasil meretas pentagon dan mendapatkan pujian dari pemerintah Amerika karena telah menemukan 'bugs'

Ash Carter, Sekretaris keamaan di Pentagon mengucapkan terimakasih kepada David Dworken karena telah menemukan celah pada U.S. Defense Department Website.

Pemuda yang berasal dari Washington D.C itu mengikuti sebuah kompetisi mencari bugs yang bertajuk "Hack the Pentagon" yang diadakan oleh DDS (Defence Digital Service) salah satu divisi U.S Department of Defense. Kompetisi ini mengajak para hacker untuk mengetes keamanan beberapa website milik kementrian pertahanan Amerika.

"Lebih dari 1.400 peserta yang mengikuti kompetisi yang diadakan tahun ini (2016). Dari peserta, total 1.189 'vulnerabilities' ditemukan, diantaranya 138 laporan valid dari 'vulnerabilities' " Kata seorang panitia. Dworken sendiri telah menemuan 6 'vulnerabilities'. Project percontohan ini dibatasi dengan beberapa aturan agar para hacker(peserta) tidak masuk terlalu dalam kedaerah yang "sensitif". Project ini dimulai sejak 18 April sampai 12 Mei 2016.

"Kami mengetahui beberapa kalangan black-hat ingin 'menantang' dan meng-exploit network kami... apa yang tidak kami apresiasi sebelum project percontohan ini adalah beberapa white-hat hacker yang ingin membuat suatu perbedaan" Kata Carter saat upacara dan dia juga mengucapkan terimakasih kepada Craig Arendt, seorang konsultan keamanan di Stratum Security.

David  menghabiskan sekitar 10-15 jam didepan laptop untuk meng-crack down website pertahanan Amerika. Dia mampu menemukan dan menentukan beberapa celah(vulnerabilities) yang dapat membuat hacker mengambil alih website dan mencuri beberapa data penting.

David berpendapat "Ini adalah pengelamana yang sangat luar biasa. Aku hanya perlu berusaha untuk menemukan bugs dan ketika menemukanya aku mendapat hadiah"

David, remaja yang lulus dari SMA di Washington D.C pada hari senin di bulan maret lalu ini mengatakan bahwa dia telah menemukan 6 celah, tapi tidak mendapatkan hadiah karena celah-celah itu sudah dilaporkan sebelumnya, dia menyatakan bahwa dia sedang didekati oleh beberapa pihak untuk magang.

Dia berencana untuk melanjutkan sekolahnya dan mengambil fakultas Komputer Sains di Northeastern University. Ngomongin masalah "bug hunting", David bercerita tentang pengalaman pertamanya dalam menemukan celah. Waktu itu David masih kelas 10 saat dia pertama kali menemukan celah pada website sekolahnya.

Pentagon menyatakan project percontohan ini ber-budget $150,000. Dan total hadiah yang diberikan kepada hacker yang berhasil menemukan celah sekitar $75,000 (setengahnya). Hadiah itu diberikan kepada hacker mulai dari $100 sampai $15,000.

0 Komentar untuk "Pemuda Berusia 18 Tahun Berhasil Temukan Bugs Pentagon"

Back To Top