Cuma artikel terjemahan !

Cara Mendapatkan Keamanan Terbaik di Internet

Dewasa ini, kita sudah kecanduan internet atau kita sudah mulai hidup ketergantungan dengan internet. Mulai dari sekadar hobi, bersosialisasi, pekerjaan, E-banking, E-mail dan yang lainya sudah bergantung dengan adanya internet, dan menjaga agar akun atau informasi kita tetap aman adalah hal mutlak yang harus kita miliki. Dan berikut kami memiliki beberapa tips Cara Mendapatkan Keamanan Terbaik di Internet.

Buatlah Password yang Rumit!

 

Ini adalah langkah pertama dan terbaik yang bisa kita lakukan agar kita mendapatkan keamanan di internet. Membuat password yang rumit dan sulit ditebak oleh orang lain adalah hal yang mestinya semua orang lakukan untuk mendapatkan keamanan terbaik di internet. Namun, banyak orang yang membuat password dengan tanggal lahir mereka, nama belakang, nama pasangan, tanggal pernikahan atau tanggal jadian dan lainya. Jika Kamu menggunakan semua ini untuk menjadi passwordmu, segeralah menggantinya, karena password yang seperti inilah yang rentan terbajak.

Jangan Membuat Password dengan  :
  1. Apapun yang berhubungan dengan informasi pribadi Anda (nama, tanggal lahir, tempat lahir, nama gadis, dll)
  2. Kata-kata yang terkait dengan situs itu sendiri. Sebagai contoh, jika sandi Facebookmu, jangan gunakan password "Facebook" atau variasi apapun (yaitu "Facebook123").
  3. Dictionary words. Jika seseorang mencoba untuk brute force akunmu, dapat terbobol dalam hitungan menit jika Kamu menggunakan kata kamus umum (yaitu "anjing," "kucing," "chocolate," dll).
  4. Jangan membuat password yang singkat.
  5. Jangan menyimpan passwordmu dalam file teks di komputermu! Jika komputermu terserang virus atau kehilangan kontrol, seseorang bisa mencuri seluruh daftar password!
  6. Jangan menggunakan password yang sama di lebih dari satu situs! Jika Kamu lakukan dan seseorang berhasil untuk mendapatkan akses ke satu akun, mereka kemudian akan memiliki akses ke semua akunmu. Ini seperti menggunakan kunci yang sama untuk rumahmu, lemari, dan mobil. Jika Kamu kehilangan kunci, Kamu kehilangan segalanya. Jangan menggunakan password yang sama di lebih dari satu situs!
Tips Membuat Password :
  1. Password setidaknya 8 karater, lebih panjang lebih baik.
  2. Gunakanlah perpaduan antara huruf, angka dan simbol lainya.
  3. Tidak menyangkut hal pribadi Kamu seperti yang sudah dibahas diatas.
  4. Gunakan juga perpaduan capslock, ini akan sangat membantu.
Buat Jawaban Pertanyaan Rahasia yang Rumit!
Saat kamu mendaftar di sebuah website yang mengharuskan kamu memiliki akun untuk mengaksesnya, pasti kamu diwajibkan untuk membuat password dan menjawab pertanyaan rahasia, seperti :
  1. Siapa nama guru favorit anda?
  2. Dimana Ayah anda dilahirkan?
  3. Dimana anda berbulan madu?
  4. Apa mainan favorit anda sewaktu kecil?
Dan masih banyak pertanyaan rahasia yang lainya. Dan cara agar  mendapatkan keamanan terbaik di internet dalam segi ini adalah dengan memperumit jawabnya. Jangan isi dengan data yang sebenarnya, karena itu akan rentan dari teman-temanmu yang jahil. Contoh :
  1. Siapa nama guru favorit anda?
    jawab : buh3890-pp
Dengan begini keamanan di internet yang kamu miliki sedikit lebih baik, dengan catatan, amu harus dapat mengingat itu semua.

 Install Antivirus!

menginstall antivirus adalah salah satu cara terbaik yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan keamaanan terbaik di internet. Namun yang menjadi kendala adalah saat instalasi, karena kita harus mengeluarkan uang untuk membeli serial number. Tapi, acuhkan itu semua demi keamaan yang lebih baik. Ada banyak antivirus yang dapat Kamu unduh di internet. Jika Kamu sudah menginstal antivirus, kamu akan dapat terlindungi dari phising.

Hubungkan Akunmu dengan Nomer Handphonemu!

Dengan menghubungkan akunmu dengan nomer handphone, akan sangat membantu saat kamu lupa dengan kata sandi atau saat akunmu berhasil diretas oleh orang lain. Hal ini sering disepelekan oleh banyak orang dan akibatnya sangat fatal, sampai mereka harus kehilangan akun mereka karena tidak ada lagi akses untuk mengganti password.


Itulah tips yang dapat kami berikan untuk mendapatkan keamanan terbaik di internet. Namun itu semua akan percuma jika kita tidak menjaga kehati-hatian kita. Tetaplah berhati-hati saat berselancar di dunia maya. Ingat! kejahatan selalu mengincarmu dimanapu Kamu berada.
salam hangat!
Tag : Tips Tech
1 Komentar untuk "Cara Mendapatkan Keamanan Terbaik di Internet"

Kalo saya sih mending gak usah pake antivirus. Cukup password yang njelimet aja gan hehehe

Back To Top