Cuma artikel terjemahan !

Fakta Unik Indonesia yang Mendunia



Haaeee gaaees... 
Selamat malam, pagi, siang, sore, subuh *apaseeh*
Sebelumnya saya mohon maaf karena update artikel kemarin sedikit telat karena ada kendala.
Setelah sebelumnya kita membahas tentang metode hukuman mati yang mengerikan, eeehhh, kamu sudah baca belum..?? kalau belum silahkan dibaca disini. Kali ini kita akan membahas tapi tak tuntas tentang fakta unik yang dimiliki oleh negara kita, Indonesia yang sudah mendunia. Bumi pertiwi kita ini sangatlah luas dan memiliki banyak keanekaragaman yang jutaan jumlahnya dan diantara itu semua ada yang sudah mendunia. Bahkan negara kita ini menjadi dikenal di mata dunia karena keunikanya. Budaya yang unik, masyarakat yang ramah, dan kulinernya yang enak. Langsung saja niih !!

  1. Negara Kepulauan Terbesar !

    Kita mungkin sudah mengetahui sejak sekolah dasar bahwa negara kita adalah negara kepulauan, tapi tahukah kamu bahawa bumi pertiwi adalah negara kepulauan terbesar ? Terbesar di asia bahkan di dunia. Indonesia memiliki tak kurang dari 17.504 pulau, 79.634 diantaranya belum diberi nama dan tak kurang dari 6.000 pulau tak berpenghuni. Luar biasa bukan ??
    Tapi belum sampai disini, Indonesia memiliki beberapa pulau besar yang 3 diantaranya termasuk ke dalam 6 pulau terbesar didunia, yaitu pulau Kalimantan, Sumatra dan Papua (gabungan dengan Papua Nugini). Antar pulau di Indonesia dipisahkan oleh laut yang maha luas, Indonesia sendiri diapit oleh 2 samudra besar, yaitu samudra Hindia dan samudra Pasifik. Karena batas antar pulau di Indonesia dipisahkan oleh laut ini yang menjadikan Indonesia menjadi negara maritim terbesar didunia !
    Luas perairan Indonesia tak kurang dari 93.000 km dan panjang pantai hampir menguasai 25% panjang pantai dunia atau sekitar 81.000 km² !!
    Namun jumlah pulau di Indonesia terancam berkurang karena pemanasan global yang membuat es di kutub mencair dan membuat air laut semakin naik ke permukaan.
  2. Budaya yang Keren dan Unik !!
    Kesenian Wayang
    Kita semua tahu bahwa bumi pertiwi ini memiliki banyak sekali suku bangsa yang mana setiap sukunya memiliki budayanya masing-masing. Sebut saja beberapa Angklung, alat musik dari jawa ini sudah sangat mendunia. Alat musik multitonal (bernada ganda) yang terbuat dari bambu ini sudah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia sejak 2010. (source)

    Angklung
    Lalu ada lagi Wayang, kesenian dari tanah jawa dan bali ini benar-baner keren dan unik dari cara memainkanya dan dari ceritanya. Ada banyak jenis wayang di Indonesia, seperti wayang Golek, wayang Kulit, wayang Rumput dan masih banyak lagi jenisnya ! 
    Pada tanggal 7 November 2003 UNESCO menetapkan wayang sebagai pertunjukan bayangan boneka tersohor di Indonesia. (source)

    Pementasan Wayang Kulit di Desa Admin
    Dan masih banyak lagi budaya Indonesia yang mendunia, dan banyak pula yang terancam punah karena tidak ada yang melestarikanya. Kita harus bangga dan melestarikan budaya kita ! 
  3. Paru-paru Dunia !

    Indonesia memiliki banyak hutan di dalam pulau-pulaunya. Dan Indonesia sendiri telah menjadi paru-paru dunia karena memiliki hutan yang sangat luas. Sebut saja Papua, di Papua terbentang 288216 Km hutan tropis ! WOW !
    Didalam hutan Papua ini terdapat banyak keanekaragaman hayati. Para ilmuan menyebutkan bahwa lebih dari separuh spesies flora dan fauna tinggal di hutan ini, dan dianta hewan yang paling terkenal dari hutan ini adalah burung Cinderawasih si burung dari Surga. Namun hutan Papua kian terancam karena penebangan liar yang semakin marak.
  4. Kulinernyaaaa...... Yummii

    Sebagai negara yang memiliki banyak suku bangsa tentunya Indonesia juga memiliki banyak kuliner yang berasal dari suku-suku yang ada di Indonesia. Dan yang paling terkenal diantaranya adalah :
    Rendang, makanan yang terbuat dari daging ini yang harus dimasak berjam-jam memiliki cita rasa yang benar-benar menggugah selera. Seluruh orang Indonesia pasti kenal dengan makanan yang satu ini terutama untuk masyarakat yang tinggal di pulau Jawa, Bali dan Sumatra. Rendang sendiri dimasak dengan banyak bumbu masak yang berasal dari bumi pertiwi. Tak heran karena bahan yang banyak dan proses memasaknya yang lama rendang pernah menjadi makanan terenak didunia menglahkan pizza dari Italia yang di ikuti dengan nasi goreng di urutan kedua dan sate di urutan ke-14 berdasarkan polling yang dilakukan Facebook dan dirilis oleh CCNGo.com.
    Rendang
  5. Negara Muslim Terbesar !


    Indonesia bukanlah negara agama tetapi Indonesia adalah negara yang beragama. Di Indonesia sendiri terdapat banyak agama dan ada 6 (termasuk kong hu chu) agama yang diakui di Indonesia. Tetapi yang menjadi jawaranya adalah agama Islam, agama Islam sendiri masuk ke Indonesia sudah sejak zaman dulu, tetapi Islam menjadi agama yang dianut oleh mayoritas masyarakat di Indonesia dan menjadi yang terbanyak. Tidak hanya itu, umat Islam di dunia terbanyak berada di Indonesia. Tak heran jika Indonesia di juluki sebagai "Rumahnya Umat Islam". Tetapi berdasarkan penelitian, pada tahun 2050 Indonesia bukan lagi menjadi negara dengan umat Islam terbanyak di dunia. Posisi ini akan di geser oleh India lalu di ikuti oleh Pakistan di tempat kedua dan indonesia ditempat ke tiga. (Source)
  6. Komodo

    Indonesia memiliki banyak warisan yang berasal dari zaman kakek kita belum lahir. Dan ada yang berasal dari zaman purbakala, Komodo. The real dragon sendiri adalah reptile yang berasal dari zaman T-rex masih menguasai hutan dan Brontosaurus masih menjadi hewan dengan leher terpanjang. Komodo hanya ada di Indonesia tepatnya di pulau komodo di Indonesia bagian timur. Dan sekarang komodo menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia.
  7. PT. Semen Padang - Pabrik Semen Tertua !

    Di negara kita ini banyak sekali pabrik yang sudah dibangun dan sedang berkembang. Di sini, di Indonesia ada pabrik semen tertua, yaitu Pt. Semen Padang, sesuai dengan namanya pabrik ini berada di Sumatra barat. Pabrik ini di bangun pada tanggal 18 Maret 1910 dan mulai produksi sejak tahun 1913 dengan kapasitas 22.900 ton/tahun. Saat Jepang datang ke Indonesia dan menjajah Indonesia, pabrik ini di ambil alih oleh Jepang dan akhirnya kembali ke tangan ibu pertiwi pada saat kemerdekaan. Pabrik ini di ambil alih oleh karyawan yang akhirnya diserahkan oleh pemerintah.
  8. Memiliki Letusan Gunung Berapi Terdahsyat !

    Indonesia memiliki banyak gunung api aktif yang sewaktu-waktu bisa meledak. Dan pada bulan April tahun 1815 silam, terjadi ledakan gunung berapi maha dahsyat yang berasal dari Indonesia. Gunung Tambora adalah pelakunya. Gunung yang berada di Nusa Tenggara Barat ini letusanya terdengar sampai ke pulau Sumatra dan abu vulkaniknya menyebar ke hampir seluruh bumi pertiwi dan menyebabkan perubahan iklim dunia pada saat itu dan tak kurang dari 71.000 nyawa melayang. Dan karena terjadi perubahan iklim pada saat itu, banyak ternak yang mati dan gagal panen, ini menyebabkan kelaparan dimana-mana dan menjadi kasus kelaparan terburuk di abad ke-19. (Source)
    Letusan dahsyat selanjutnya adalah letusan gunung Toba dan gunung Krakatau.
Naah, itulah beberapa fakta unik Indonesia yang mendunia. Sebenarnya masih banyak fakta Indonesia yang mendunia, yang lainya akan kita bahas di lain waktu. Kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga dengan semua yang ada di negri ini dan melestarikan budayanya agar tidak binasa terkikis waktu.
Have Fun dan Salam Unik.
0 Komentar untuk "Fakta Unik Indonesia yang Mendunia"

Back To Top